Sabtu, 27 November 2021 - 21:41:14 WIB

PT KBS Gandeng Melchers Dalam Pengembangan Pelabuhan KIP

Penulis : Redaksi
Kategori: EKONOMI DAN BISNIS - Dibaca: 861 kali


Memantapkan posisi sebagai pelabuhan curah berkelas international, PT Krakatau Bandar Samudera (PT KBS) yang mengoperasikan Krakatau International Port (KIP), menggandeng PT Melchers Melindo Indonesia, mitra dari Hamburg Port Consulting, dalam upaya pengembangan pelabuhan KIP.

CEO Krakatau International Port (KIP), Akbar Djohan mengatakan dengan target peningkatan kapal yang singgah dari 800 menjadi 5.000 kapal/tahun pada tahun 2026 di Pelabuhan KIP, tentunya pengembangan fasilitas infrastruktur dan suprastruktur KIP menjadi hal yang sangat penting.

“Untuk Pengembangan fasilitas infrastruktur dan suprastruktur KIP agar lebih maksimal, KIP mengambil langkah menggandeng PT MMI untuk memastikan pengembangan ini dapat berjalan dengan baik,” ungkap Akbar dalam keterangannya, Jumat (26/11).

Akbar mengatakan KIP menggandeng PT MMI untuk mendampingi agar bisa memastikan pengembangan ini berjalan maksimal, sejak proses studi kelayakan, proses pendanaan sampai implementasi pengembangan tersebut.

"Upaya KIP ini juga untuk menangkap potensi pasar yang ada di Selat Sunda, sebuah langkah yang tentu tidak main-main, kami menyiapkan pengembangan pelabuhan KIP agar mempunyai fasilitas yang lebih lengkap bagi kebutuhan konsumen, sehingga kami dapat memberikan layanan terbaik bagi konsumen,” tutur Akbar.

Memorandum of Undestanding (MoU) dilaksanakan di Wisma Baja Jakarta (25/11), yang dihadiri langsung oleh CEO KIP Akbar Djohan dan President Director PT Melchers Melindo Indonesia (PT MMI) Michael Gruss.

Sementara President Director PT MMI, Michael Gruss mengatakan bahwa kepercayaan KIP kepada MMI untuk mendampingi pengembangan pelabuhan KIP merupakan hal yang sangat baik untuk MMI.

"Kami sangat senang sekali dipercaya mendampingi pengembangan pelabuhan curah terbesar KIP ini, kami siap membantu dan memastikan upaya pengembangan KIP ini berjalan baik sehingga tujuan pelayanan terbaik bagi konsumen KIP dapat tercapai," ucap Michael.

PT Melcher Melindo Indonesia sendiri merupakan grup dari C.Melchers GMBH & Co. Bremen, Germany yang berpengalaman 150 tahun dalam mendampingi perusahaan dalam melakukan pengembangan bisnis. Berpengalaman dalam pengembangan pelauhan-pelabuhan di Asia dan Dunia, diharapkan dapat membuat pengembangan Pelabuhan KIP menjadi efektif, sehingga target KIP untuk dapat melayani 5.000 kapal/tahun di tahun 2026 dapat dicapai, dan menjadikan KIP semakin kuat menjadi Pelabuhan Curah internasional terbesar di Indonesia.