Kamis, 25 Juni 2020 - 18:39:03 WIB

KASAL : Perwira Unggul dan Tangguh Mampu Hadapi Segala Ancaman

Penulis : Redaksi
Kategori: PROFILE / OPINI - Dibaca: 250 kali


“Di tengah krisis dan tantangan yang muncul, kalian harus menyiapkan diri sebaik-baiknya untuk menjadi perwira yang unggul dan tangguh sehingga mampu menghadapi segala ancaman”, demikian disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., saat memimpin Upacara Penutupan Pendidikan (Tupdik) dan Wisuda Sarjana 97 Taruna/Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-65 tahun 2020, bertempat di Gedung Maspardi AAL, Bumimoro, Surabaya, Kamis (25/06).

Kasal juga mengatakan bahwa kunci keberhasilan dan kemajuan bangsa di masa datang terletak pada kualitas sumber daya manusia yang unggul, yaitu manusia yang bermoral, berkarakter, visioner, berani, jujur, kompeten dan bertanggungjawab. “Aplikasikan semua ilmu yang kalian dapatkan di lembaga pendidikan ini untuk bertugas di kapal perang dan pasukan Marinir dengan terus mengisi diri dan bertumbuh menjadi perwira TNI Angkatan Laut yang tanggap, tanggon dan trengginas”, ujar Kasal.

Pada kesempatan tersebut, Kasal menghimbau untuk segera beradaptasi dengan perubahan yang terjadi pasca pandemi Covid-19 di antaranya melalui penerapan tatanan kehidupan baru atau sering disebut new normal.

Upacara penutupan pendidikan 87 Taruna dan 10 Taruni AAL ini ditandai dengan pengalungan samir (kalung wisuda) oleh Laksamana TNI Yudo Margono sedangkan penyerahan ijazah oleh Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M., dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dengan berakhirnya pendidikan tersebut, maka ke-97 alumni D4 (setara S1) Lembaga Pendidikan AAL ini, berhak menyandang gelar S.Tr (Han) (Sarjana Terapan Pertahanan) yang terdiri dari 39 orang Korps Pelaut, 14 orang Korps Teknik, 15 orang Korps Elektronika, 9 orang Korps Suplai, dan 20 orang Korps Marinir.

Berhasil menjadi lulusan terbaik masing-masing korps dan mendapat piagam penghargaan yaitu: Korps Pelaut Sermatutar (P) Rizqy Zealand Djuhaery, S.Tr (Han), Korps Teknik Sermatutar (T) Winu Andica, S.Tr (Han), Korps Elektronika Sermatutar (E) Tirta Mahadiyanto, S.Tr (Han), Korps Suplai Sermatutar (S/W) Dwi Nita Lestari, S.Tr (Han), dan Korps Marinir Sermatutar (M) Abdillah Jalil Rasyid, S.Tr (Han).

Sedangkan yang berhak mendapatkan penghargaan Adhi Makayasa (lulusan terbaik) adalah Sermatutar (P) Rizqy Zealand Djuhaery, S.Tr (Han), penghargaan Paramahadya Susena (taruni terbaik) Sermatutar (S/W) Dwi Nita Lestari, S.Tr (Han), dan penghargaan Adhi Pratama Karya (Skripsi terbaik) Sermatutar (P/W) Nurida Yulianawati, S.Tr (Han).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Umum Jalasenastri selaku Ibu Taruna AAL Ny. Vero Yudo Margono, Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI Letnan Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr (Han), para Pejabat Utama Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), para Pimpinan Kotama TNI Angkatan Laut, para Kepala Dinas di lingkungan Mabesal, Pengurus Pusat Jalasenastri, serta Pejabat yang mewakili Pangdam V Brawijaya, Kapolda Jawa Timur, Gubernur Akmil, Gubernur AAU dan Gubernur Akpol.