Selasa, 26 November 2019 - 08:49:48 WIB

UIII Expert Meeting, "Seizing the Moment for Reinventing Muslim Civilization"

Penulis : Redaksi
Kategori: DIDAKTIKA - Dibaca: 235 kali


Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) dan Pendidikan Tinggi Islam (DIKTIS) Kemenag RI mengadakan Expert Meeting dengan tema: Seizing the Moment for Reinventing Muslim Civilization (“Merebut Momentum untuk Menemukan Kembali Peradaban Islam”). Program ini dihadiri oleh para rektor dan akademisi terkemuka dari manca negara: Mesir, Maroko, Kanada, Inggris, Australia, Tunisia, dan dari dalam negeri. 

Expert Meeting bertujuan untuk menjadi sarana memperkenalkan kehadiran UIII kepada dunia internasional. Selain itu kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mengupdate berbagai praktik dan pengalaman terbaik universitas-universitas terkemuka di dunia dalam mengembangkan kapasitas kelembagaan dan akademiknya di era milinial ini.

UIII adalah perguruan tinggi Islam pertama dengan skala internasional yang didirikan di Indonesia. Diharapkan UIII dapat menjadi jendela Indonesia untuk memperkenalkan kepada dunia tentang kekhasan Islam dan kehidupan masyarakat Muslim di Indonesia. 

Kalau Mesir terkenal dengan Universitas Al-Azhar Kairo, Makkah dengan Ummmul Qura, maka Indonesia hadir dengan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII).

Sebagai universitas program pascasarjana (S2 dan S3) UIII akan mengundang mahasiswa berbakat dari berbagai negara untuk melakukan studi mendalam (empirik-komparatif) tentang perkembangan kehidupan Muslim dari berbagai aspeknya: sosial-keagamaan, politik, pendidikan, ekonomi-keuangan, seni dan arsitektur, serta hukum & ketatanegaraan. 

Dengan posisinya sebagai negara Muslim terbesar di dunia, sudah saatnya, Indonesia menjadi salah satu kiblat dunia untuk mendalami Islam dan kehidupan masyarakat Muslim, khususnya di tengah pergulatannya dengan modernitas. Keberhasilan 

Indonesia memelihara kehidupan umat beragama yang harmonis dalam tatanan yang demokratis menjadi daya tarik tersendiri bagi dunia akademik dunia untuk labaratorium pengembangan keilmuan di bidang-bidang sosial-keagamaan. 

UIII akan memulai kegiatan akademik September 2020 dengan 4 program: Kajian Keislaman (Islamic Studies), Pendidikan (Education), Ilmu Politik (Political Science), Ekonomi & Keuangan Islam (Islamic Econimic and Finance).