Sabtu, 23 November 2019 - 05:34:57 WIB

Angkat Topik Mental & Wellness, Humanize Us Hadir dalam Pameran Bertajuk Social Experiment

Penulis : Redaksi
Kategori: RAGAM BERITA - Dibaca: 289 kali


Untuk pertama kalinya, Humanize Us hadir untuk mengangkat isu sosial dalam bentuk talks, session dan experience. Diinisiasi oleh Monstore & Maika, dengan mengangkat topik Mental & Wellness, Humanize Us bersama Gushcloud & TEAMUP tidak hanya mengangkat mental health secara umum, namun secara khusus dengan mengambil beberapa angle berbeda terkait dengan social media.  Humanize Us resmi dibuka untuk publik pada Jumat, 22 November 2019 hingga 25 Desember 2019, di Plaza Indonesia, Jakarta.

Di era global ini, kita diharapkan untuk lebih bijaksana dan mawas diri dalam penggunaan social media. Saat ini social media sudah mengambil salah satu bagian besar dalam kehidupan sehari-hari, dan tanpa disadari hal tersebut berdampak langsung pada kesehatan mental kita. Penggunaan social media saat ini memiliki hal positif didalamnya akan tetapi jika tidak  terfilter dengan baik maka akan muncul pula efek negatif yang bisa berdampak negatif bagi para pengguna, salah satunya mental health. 

Humanize Us mengajak publik untuk mengeksplor topik Mental & Wellness ini dalam bentuk experience berupa instalasi dan exhibition. Pengunjung akan dibawa untuk menikmati dan menafsirkan pengalaman mereka sendiri dalam lima ruangan instalasi labirin dengan tema The Origin, The Exaggeration, The Empathy, The Honesty, dan The Society. Setiap ruang Instalasi sosial yang tersusun terinspirasi dari pengalaman manusia di setiap pertemuan dengan sosial ataupun dirinya sendiri. Pengunjung juga dapat bebas berfoto dalam ruang instalasi ini.

Tak hanya instalasi, Humanize Us juga memiliki rangkaian talkshow yang mengambil angle mental health, wellness, dan social media dari sudut pandang lifestyle, bisnis, dan juga self-love bersama lebih dari 30 pembicara / nara sumber seperti Gisella Anastasia, Ben Soebiakto, Ayla Dimitri, Aakar Abyasa, dan masih banyak lagi. Humanize Us juga kerap menyediakan beberapa sesi yoga, hypnotheraphy dan meditasi bersama Pupu Paula, Golden Space, Affandi Setiawan, dan masih banyak lagi.

Agatha Carolina, Founder dari Monstore mengungkapkan alasannya dalam menyelenggarakan Humanize Us “Awalnya, event ini kami rencanakan dalam rangka merayakan anniversary Monstore yang ke-10 dan kami menggagas ide untuk mengadakan sebuah exhibition pada akhir tahun 2019 ini. Seiring berjalannya waktu, kami berdiskusi dengan Maika yang ternyata juga memiliki visi yang sama. Jadi kami sepakat untuk berkolaborasi bersama membentuk IP (intelectual property) baru yang kami namai Humanize Us", ujar Olin.

Satriya Gurnitha, Founder dari Maika mengungkapkan bahwa Maika memiliki visi yang serupa dengan Monstore sehingga terjadinya kolaborasi ini.“Monstore dikenal sebagai suatu brand fashion dan Maika merupakan suatu studio kreatif berbasis teknologi dengan berbagai macam sub-brand didalamnya. Dengan latar belakang di atas, kami sadar bahwa dibutuhkan suatu kolaborasi untuk dapat merealisasikan ide tersebut, untuk membuat suatu gerakan yang mengangkat isu sosial", ungkap Satriya.

Memiliki misi Creating Tomorrows Positive Influence, Gushcloud sebagai pionir influencer marketing agensi di Asia Tenggara mencoba untuk menyampaikan nilai baik kepada masyarakat melalui partisipasinya di Humanize Us. “Waktu seseorang berinteraksi dengan media sosial semakin meningkat dari tahun ke tahun, tanpa kita sadari hidup kita menjadi cukup terikat dengan gawai pandai di tangan. Tak hanya itu, kemudahan berkomentar juga membuat siapapun lebih mudah mengeluarkan komentar-komentar tak bertanggung-jawab terhadap sesama pengguna dan ini seringkali berakibat langsung atau tidak langsung terhadap kesehatan mental seseorang. Maka dari itu, kami begitu antusias menjadi bagian dari Humanize Us dan kami merangkul teman-teman influencer yang kerap memiliki pesan yang sama untuk menyuarakan penggunaan social media yang baik kepada masyarakat", ucap Oddie Randa, Managing Director Gushcloud Indonesia.

TEAMUP sebagai event partner dari Humanize Us menyatakan antusiasmenya dalam berkontribusi dalam event ini. “TEAMUP memiliki atensi yang sama terhadap isu mental health. Sebelum inisiasi event ini dimulai, kami sudah sering berpikir bagaimana kami dapat berkontribusi dalam isu yang kerap hangat diperbincangkan ini. Sebagai event partner, kami berusaha memberikan dukungan terbaik dari segi pelaksanaan dan juga berbagai hal lainnya yang terkait dengan aktifasi offline", ucap Fakhruddin Ar Razi, Co-Founder & Managing Director dari TEAMUP.

Harga tiket untuk instalasi Humanize Us adalah sebesar Rp 50.000 per-hari , sedangkan untuk talks dan session berada dikisaran harga Rp 50.000 - Rp 250.000 per-sesinya.