Kamis, 03 Oktober 2019 - 17:11:06 WIB

Pangkoarmada II Terima Paparan Satgas Port Visit 2019

Penulis : Redaksi
Kategori: TNI / POLRI - Dibaca: 212 kali


Panglima Komando Armada II Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos, M.Si, menerima paparan dari Komandan KRI Bung Tomo-357 Kolonel  Laut (P) Amrin Rosihan terkait rencana keberangkatan Satuan Tugas Port Visit 2019 melaksanakan Operasi Jalasena Gajendra 19 , bertempat di Rupat Panglima Koarmada II. Kamis (03/10)

Adapun tujuan dari satgas ini menurut Kolonel Laut (P) Amrin Rosihan merupakan salah satu tugas diplomasi TNI AL dalam rangka mempererat tingkat kerja sama antar negara serta upaya menjaga keamanan laut di wilayah perbatasan.

Lebih lanjut Amrin menambahkan , ada tiga negara di kawasan Asia Tenggara yang menjadi tujuan lawatan Satgas Port Visit 2019. Yakni  Philipina, Malaysia, dan Singapura. “ Diharapkan Satgas Port Visit 2019 mampu  meningkatkan hubungan Indonesia khususnya TNI AL dengan AL Philipina, Malaysia dan Singapura, dalam berbagai bidang seperti pariwisata dan budaya, dan yang cukup penting yakni kerjasama dalam upaya pemberantasan tindak kejahatan di laut “, terang Amrin.

Menurut rencana operasi tugas ini akan dilaksanakan pada 13 November 2019 sampai dengan 09 Desember 2019,   melibatkan KRI Sultan Iskandar Muda (SIM)-367 dari Koarmada II dan KRI Bung Tomo (TOM)-357 dari Koarmada I, dengan rute Surabaya - Puerto Princesa ( Philipina)  - Malaysia (Kinabalu) - Ranai - Changi Naval Base Singapura – Batam-Jakarta.

Ikut hadir menyaksikan paparan antara lain Danguspurlakoarmada II, Irkoarmada II, Koorsahli Pangkoarmada II, Asisten Pangkoarmada II, dan para Kasatker Koarmada II.