Senin, 23 September 2019 - 15:11:36 WIB

LAPAN Bahas Roadmap Industri Pesawat Terbang Nasional

Penulis : Redaksi
Kategori: TEKNOLOGI - Dibaca: 326 kali


LAPAN akan kembali menggelar AeroSummit 2019 dengan tema Streamlining The Synergy in Aerospace Industry” pada 24 – 25 September 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. AeroSummit 2019 ini akan dihadiri oleh Menristekdikti, Prof Mohamad Nasir, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Kepala LAPAN Prof Thomas Djamaluddin, perwakilan dari Bappenas, Kementerian Perindustrian dan Kemenko Kemaritiman. Acara ini merupakan wujud komitmen LAPAN serta para stakeholdernya untuk membangun ekosistem kedirgantaraan agar dapat tumbuh baik industri maupun sumber daya manusianya.

AeroSummit 2019 ini akan menyusun roadmap kedirgantaraan nasional sebagai bahan kebijakan nasional untuk menyongsong Indonesia emas. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini juga akan membentuk Board of Trustees yang bertujuan untuk mendorong dan mengawal pelaksanaan roadmap yang akan terbentuk.

Kerangka roadmap kedirgantaraan yang akan dibahas di AeroSummit 2019 telah melalui pembahasan dan pertemuan secara intensif selama 10 bulan antara LAPAN, Kemenko Kemaritiman, industri penerbangan, dan asosiasi penerbangan serta Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN).

Pembahasan mengenai tugas pokok, fungsi serta keanggotaan dari Board of Trustee akan dilaksanakan pada diskusi panel hari pertama dengan topik “Peranan Lembaga Pengawas (Board og Trustees) di Dalam Pelaksanaan Roadmap Industri Pesawat Terbang Nasional Menuju Indonesia Emas”.

Sementara pada hari kedua juga akan diadakan diskusi panel dengan tema “Peranan Institusi R&D dan Pendidikan di Dalam Menunjang Pelaksanaan Roadmap Industri Pesawat Terbang Nasional Menuju Indonesia Emas”.

Aerosummit 2019 ini merupakan kolaborasi LAPAN, PT. Dirgantara Indonesia dan IAEC (Indonesia Aeronautical Engineering Center). Selain diskusi, dalam kegiatan ini akan dilakukan focus group discussion, workshop dan pameran teknologi hasil produk buatan putra-putri bangsa Indonesia,