Selasa, 20 Agustus 2019 - 07:05:30 WIB

Pangdivif 2 Kostrad Buka Latihan Bersama Garuda Shield-13 2019

Penulis : Redaksi
Kategori: TNI / POLRI - Dibaca: 219 kali


Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.AP., M.Si., M.Tr (Han), secara resmi membuka latihan bersama Garuda Shield-13 2019 bertempat di Lap. Upacara Dodiklatpur Kodam V/Brw, Asembagus, Situbondo. Senin (19/8).

Dalam latihan Garuda Shield ini bertujuan untuk kedua negara bisa berbagi pengalaman, mengaplikasikan taktik serta teknik latihan bertempur sesuai pengalaman prajurit masing-masing dan memungkinkan Angkatan Darat kedua negara dapat mengambil manfaat yang sebesar-besarnya bagi pembangunan satuan, baik di bidang doktrin, organisasi, taktik dan teknik militer antara satuan dari Brigif Raider 9 Kostrad dengan United States Army Pacific (USARPAC).

Pangdivif 2 Kostrad dalam amanatnya menyampaikan, “Pelaksanaan latihan ini bukan saja untuk memantapkan profesionalisme prajurit, tetapi juga untuk meningkatkan semangat kebersamaan yang pada gilirannya nanti akan tercapai soliditas diantara kedua negara,” ungkapnya.

“Saya berharap agar pelaksanaan Latihan Bersama Garuda Shield-13 2019 ini dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib, serta mencapai tujuan dan sasaran latihan yang telah ditentukan,” harap Pangdiv.

Latihan gabungan ini direncanakan akan dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 19 Agustus sampai dengan 30 Agustus 2019 bertempat di Depo Pendidikan Latihan Tempur (Dodiklatpur) Rindam V/Brawijaya dan Pusat Latihan Tempur Marinir (Puslatmar), Asembagus, Situbondo.

Pangdivif 2 Kostrad menegaskan beberapa hal diantaranya, Laksanakan latihan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab, Perhatikan faktor keamanan selama latihan, Ciptakan suasana keakraban sebagai wujud persahabatan antara kalian serta Lakukan evaluasi terhadap semua materi yang telah dilatihkan.

Dalam pembukaan Latma Garuda Shield ini juga ditampilkan antraksi terjun payung oleh kedua negara yang membawa bendera merah putih bendera Kostrad dan bendera Latma Garuda Shield serta penampilan seni beladiri Pencak Silat, dalam latihan ini diikuti sebayak 1.547 prajurit yang terdiri dari satuan Brigif Raider 9 Kostrad sebayak 675 prajurit dan United States Army Pacific sebayak 875 prajurit.

Pangdivif 2 Kostrad juga berkesempatan melihat langsung sarana dan prasarana latihan seperti pos komando, kantin, dapur dan fasilitas untuk mendukung kelancaran kegiatan Latma Garuda Shield-13 2019.