Senin, 08 Juli 2019 - 12:14:48 WIB

Satgas Indobatt XXIII-M/UNIFIL Beri Bantuan Genset Warga Al Adaise Lebanon

Penulis : Redaksi
Kategori: TNI / POLRI - Dibaca: 195 kali


Civil Military Coordination (CIMIC) Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-M/UNIFIL (United Nation Interm Force In Lebanon) kembali berhasil membuat terobosan baru dalam mendukung tugas pokok pasukan yang lebih dikenal dengan sebutan Satgas Indobatt dalam menjalankan tugasnya sebagai pasukan perdamaian di Lebanon dengan menjadi mediator dalam mensukseskan turunnya bantuan UNIFIL berupa Genset berkekuatan 250 KVA kepada warga di desa Al Adaise Lebanon Selatan. Minggu (7/7).

Keberhasilan tersebut disampaikan Komandan Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-M/UNIFIL Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya dalam rilis tertulisnya di Markas Indobatt, Minggu, 7 Juli 2019, UNP 7-1 Adchit Al Qusayr Lebanon Selatan. Adapun keberhasilan ini tentunya tidak terlepas dari peran seluruh staf CIMIC satgas yang dimotori oleh Kasi CIMIC Satgas Indobatt XXIII-M/UNIFIL Kapten Inf Yoel Sri Liga yang secara terus menerus menjalin komunikasi dan hubungan yang baik dengan aparat pemerintah setempat dalam hal ini pemerintah wilayah Al Adaise, untuk selalu mencari tahu tentang hambatan dan kekurangan yang ada di daerah binaannya.

Setelah mengetahui adanya kebutuhan tentang Genset ini, segera dilaporkan ke UNIFIL melalui Staf G9 Sektor Timur UNIFIL. Setelah melalui beberapa proses akhirnya CIMIC Indobatt berhasil menjadi mediator dalam mempertemukan pihak dari pimpinan Staf G9 UNIFIL yaitu Major Javier Obis yang berasal dari negara Spanyol dengan walikota Al Adaise yaitu Mr. Muhamad Ali, dalam pertemuan tersebut menghasilkan sebuah kesepakatan dimana pihak UNIFIL akan memberikan bantuan pembelian Genset untuk kebutuhan tenaga listrik di wilayah Al Adeise sebesar US $ 20.000.

Selanjutnya pada hari Sabtu, 6 Juli 2019 dilaksanakan acara peresmian penyerahan Genset tersebut dari UNIFIL kepada perwakilan masyarakat Al Adeise yang dilaksanakan oleh Dansatgas Indobatt Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya, Chief G9 Major Javier Obis dan Lieutenant Colonel Antonio Catro, beberapa Staf CIMIC Indobatt mewakili UNIFIL dan beberapa perwakilan pemerintah Al Adeise.

Ditambahkan pula oleh Dansatgas, sebelumnya di wilayah Al Adeise sudah memiliki satu Genset sebagai sumber tenaga listrik bagi warganya, namun belum dapat memenuhi kebutuhan yang diperlukan di daerah tersebut, dan bilamana terjadi gangguan tentunya akan sangat beresiko. Sehingga dengan adanya dukungan Genset baru ini setidaknya dapat membantu dan mengatasi kesulitan masyarakat yang berada di Al Adaise.

“Dengan adanya keberhasilan ini tentunya menjadi bukti nyata bahwa dengan Senyum, Sapa dan Salam yang menjadi modal utama Satgas Indobatt XXIII-M/UNIFIL khususnya yang telah dilakukan Staf CIMIC setidaknya membuahkan hasil dan membawa keberhasilan Satgas dalam menjalin hubungan dan komunikasi yang baik dengan masyarakat Lebanon,” Tegas Dansatgas. Sementara itu disisi lain Mayor (Walikota) Al Adaeise Mr. Muhamad Ali mewakili seluruh masyarakat Al Adaise menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Satgas Indobatt XXIII-M/UNIFIL yang sudah mendukung terlaksananya pemberian bantuan Genset dari UNIFIL, “Semoga segala kebaikan yang diberikan untuk warga kami menjadi bermanfaat dan kita semua selalu dalam lindungan Tuhan,” ucapnya.