Kamis, 04 Juli 2019 - 10:07:08 WIB

Bahaya Penyakit Diabetes Melitus

Penulis : Redaksi
Kategori: INFOTAINMENT - Dibaca: 222 kali


Diabetes Melitus (DM) merupakan suatu kelompok penyakit berkaitan dengan metabolisme tubuh akibat pankreas tidak cukup memproduksi insulin atau tubuh tidak menggunakan insulin yang diproduksi secara efektif, sehingga memunculkan kondisi hiperglikemia.

Insulin merupakan hormon yang berperan dalam mengatur kadar gula dalam darah Hiperglikemia sendiri dapat diartikan sebagai suatu kondisi medis berupa peningkatan kadar gula dalam darah melebihi batas normal. 

Berbagai keluhan dapat ditemukan pada penyandang DM. Kecurigaan penyakit DM perlu dipikirkan apabila terdapat keluhan seperti: .

• Keluhan klasik DM:
Sering kencing terutama di malam hari, sering merasa haus, dan sering merasa lapar. Meskipun terjadi peningkatan keinginan makan pada penderita DM, seringkali juga diikuti penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan sebabnya.

• Keluhan lain
Badan lemah, kesemutan, gatal, mata kabur, dan gangguan ereksi pada pria, serta muncul gatal di daerah kemaluan pada wanita.

Penyakit DM dapat menimbulkan banyak bahaya berkaitan dengan gangguan pada pembuluh darah, baik pembuluh darah besar maupun pembuluh darah kecil.

Pada gangguan pembuluh darah besar, contohnya pembuluh darah pada otak, dapat mengakibatkan stroke, baik stroke karena sumbatan maupun karena pendarahan.

Jika berhubungan dengan pembuluh darah kecil, penyakit DM dapat berkaitan dengan kelainan di mata (retinopati diabetik), kelainan di ginjal (nefropati diabetik) atau kelainan pembuluh darah di tungkai (neuropati diabetik). Pada retinopati diabetik dapat memunculkan keluhan mata kabur hingga kebutaan.  (dr. Fristia - RSU Bunda)